Welcome at My Blog.....

Selamat datang di blog saya, semoga para pembaca mendapatkan manfaat dan inspirasi dari tulisan yang ada di blog ini,, selamat membaca!!!!!

Create your own at MyNiceProfile.com

Senin, 07 Maret 2011

Berantas Pengangguran dengan memperbarui Sumber Daya Manusia


 Pengangguran yang tak pernah

Pengangguran adalah masalah terbesar yang ada di perekonomian Indonesia. Pengangguran adalah salah satu hal yang hingga saat ini sulit untuk di perbaiki, mungkin karena lowongan pekerjaan yang sulit atau sumber daya manusia yang semakin menurun. Pertanyaan terbesar yang kini sulit untuk dijawab adalah salah siapa yang hingga kini menjadikan Indonesia menjadi Negara yang dipenuhi dengan orang pengangguran?
Pengangguran itu sendiri adalah seseorang yang tergolong angkatan kerja dan ingin mendapat pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya. Masalah pengangguran yang menyebabkan tingkat pendapatan nasional dan tingkat kemakmuran masyarakat tidak mencapai potensi maksimal yaitu masalah pokok makro ekonomi yang paling utama.
Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pengganguran   adalah sebagai berikut:
  1. 1.      Besarnya Angkatan Kerja Tidak Seimbang dengan Kesempatan Kerja
Ketidakseimbangan terjadi apabila jumlah angkatan kerja lebih besar daripada kesempatan kerja yang tersedia. Kondisi sebaliknya sangat jarang terjadi.
Contohnya seperti suatu perguruan tinggi yang dapat meluluskan mahasiswanya sebanyak 2000 orang sementara lapangan pekerjaan yang tersedia tak sebanding dengan mahasiswa yang membutuhkan pekerjaan.
  1. 2.      Struktur Lapangan Kerja Tidak Seimbang
  1. 3.      Kebutuhan jumlah dan jenis tenaga terdidik dan penyediaan tenaga terdidik tidak seimbang
Apabila kesempatan kerja jumlahnya sama atau lebih besar daripada angkatan kerja, pengangguran belum tentu tidak terjadi. Alasannya, belum tentu terjadi kesesuaian antara tingkat  pendidikan yang dibutuhkan dan yang tersedia. Ketidakseimbangan tersebut mengakibatkan sebagian tenaga kerja yang ada tidak dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia.
  1. 4.      Meningkatnya peranan dan aspirasi  Angkatan Kerja Wanita dalam seluruh struktur Angkatan Kerja Indonesia
  1. 5.      Penyediaan dan Pemanfaatan Tenaga Kerja antar daerah tidak seimbang
Jumlah angkatan kerja disuatu daerah mungkin saja lebih besar dari kesempatan kerja, sedangkan di daerah lainnya dapat terjadi keadaan sebaliknya. Keadaan tersebut dapat mengakibatkan perpindahan tenaga kerja dari suatu daerah ke daerah lain, bahkan dari suatu negara ke negara lainnya.
 Mari kita telaah satu persatu, suatu pekerjaan apapun lahir karena adanya dasar keahlian dalam suatu bidang, entah itu dalam proses pembelajaran disekolah ataupun secara ortodidak. Dewasanya saat ini banyak terlahir pengusaha sukses yang lahir dari hasil ortodidaknya yang awalnya hanya sekedar mencoba namun banyak yang menghasilkan ketertarikan dari masyarakat umum. Nah yang dibutuhkan saat ini adalah bagaimana memunculkan ide baru untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa menghasilkan ketertarikan dan keunikan dimata masyarakat ini.
Tidak selamanya sukses itu lahir dari perusahaan apa kita bekerja tapi dari seberapa besar kekreatifan kita menimbulkan ide dan hal baru. Banyak pengangguran yang menganggur karena ia hanya menunggu lowongan pekerjaan dari suatu perusahaan atau instansi yang membuka lowongan pekerjaan. Itu adalah masalah terbesar dari banyak pengangguran di Indonesia. Apabila kita telaah memang bekerja di suatu perusahaan tidak membuat kita pusing akan untung ataupun rugi, karena tiap bulannya pasti diberikan upah atas pekerjaan yang telah kita lakukan. Tapi berpikirlah bahwa bekerja sebagai pesuruh itu tak selamanya baik dan menyenangkan.
Mari untuk jadikan diri yang lebih kratif dan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang lebih produktif lagi untuk membangun sebuah lapangan pekerjaan baru dan membantu para pengangguran dapat bekerja sehingga tingkat pengangguran di Indonesia berkurang dan dapat memajukan Negara kita tercinta.


Nama : Isti Putri Pujianti
kelas  :  1EB09
NPM :  23210673

Tidak ada komentar:

Posting Komentar