Welcome at My Blog.....

Selamat datang di blog saya, semoga para pembaca mendapatkan manfaat dan inspirasi dari tulisan yang ada di blog ini,, selamat membaca!!!!!

Create your own at MyNiceProfile.com

Minggu, 01 April 2012

Primadona yang Cerdas dan Berkualitas di Indonesia

Sri Mulyani

Siapa yang tidak kenal dengan mantan Mentri Keuangan Sri Mulyani. Beliau adalah seorang primadona yang cerdas, jelita dan popular. Analisisnya kritis, lugas, dan jernih. Kiprahnya sudah di ancungi jempol di birokrasi dan lembaga internasional. Kurang dari empat tahun, tiga jabatan menteri telah di sandangnya.
Adapun biografi dari Seorang Sri Mulyani :
Nama                    : Dr. Sri Mulyani Indrawati
Lahir                     : Tanjung Karang, 26 Agustus 1962
Agama                  : Islam
Suami                    : Tonny Sumartono
Anak                    : Dewinta Lilinia, Haryo Indrawan, dan Luqman Indra Pambudi
Pendidikan             :
  • 1981-1986 : Universitas Indonesia, Sarjana Ekonomi
  • 1988-1990 : University of Lilinois Urbana-Champaign, USA Master of Science of Policy Economics
  • 1990-1992 : University of Lilinois Urbana-Champaign, USA Ph. D of Economics
Spesialisasi Penelitian      :
  • Ekonomi Makro
  • Ekonomi Keuangan Negara/Publik
  • Ekonomi Moneter dan Perbankan
  • Ekonomi Tenaga kerja
Jabatan Utama                 :
  • Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Kabinet Indonesia Bersatu
  • Executive Director IMF mewakili 12 negara Asia Tenggara (2002-2004)
  • Konsultan USAid di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (2001-2002)
  • Dewan Ekonomi Nasional (1999-2001)
Sri Mulyani adalah nama yang akhir – akhir ini ramai jadi perbincangan banyak orang baik itu di kalangan politis maupun sipil. Ya Sri Mulyani adalah seorang menteri keuangan pada kabinet Indonesia bersatu yang saat ini banyak menuai pro dan kontra terkait dengan kasus dana talangan bank Century.
Sri Mulyani semakin hangat dibicarakan dan bahkan sempat menjadi tranding topics di Twitter lantaran pengunduran dirinya yang juga telah disetujui oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan alasan akan menjabat sebagai managing director di World Bank alias Bank Dunia di Washington DC Amerika Serikat sementara pada saat yang bersamaan kasus hukum yang membelit beliau belum selesai terkait dengan kasus Bank Century yang saat ini ditangani oleh pihak KPK.
Pengunduran diri Sri Mulyani ini juga banyak disesalkan oleh para pengusaha karena beliau adalah orang yang pro industri dan berjasa melepaskan Indonesia dari belenggu krisis ekonomi pada tahun 2008 lalu.
            Sejarah karir beliau pada saat sebelum menjabat sebagai menteri keuangan juga cukup cemerlang. Beliau pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Ia juga terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008 dan wanita paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007.
Tentu kepindahan Sri Mulyani ke Bank Dunia membuat kita kehilangan sosok yang pernah membawa negeri ini menuju perubahan yang lebih baik khususnya dalam bidang perekonomian namun di sisi lain, jabatan di lembaga elit internasional sekelas bank Dunia ini juga akan membawa nama harum bagi Indonesia serta mampu menjembatani hubungan baik Indonesia dengan Amerika Serikat.
Namun ada juga opini yang beredar bahwa penawaran jabatan penting di Bank Dunia ini adalah salah satu cara pihak tertentu yang ingin mengintervensi dan menyelamatkan Sri Mulyani agar tidak bernyanyi ke jajaran atas pihak yang terlibat terait dengan kasus dana talangan Bank Century yang kini masih belum jelas diketahui keberadaannya.

Sumber : http://gudang-biografi.blogspot.com/2010/01/biografi-sri-mulyani.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar