ORGANISASI
ITU PENTING
Organisasi
biasanya identik dengan kesibukan, menyita waktu, bikin IP turun atau hanya
numpang keren saja. Namun sebenarnya banyak pelajaran yang bisa di ambil dari
ikut serta dalam organisasi. Organisasi adalah tempat penuh ilmu yang tidak
pernah kita dapat dari kelas manapun. Organisasi pada umumnya adalah tempat
berbagai orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam
memanfaatkan sumber daya organisasi yaitu seperti uang, material, mesin,
metode, lingkungan, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang
dipergunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah
ditentukan.
Dari
dalam organisasi banyak sekali hal baru yang sebelumnya tak pernah di hadapi
dan alami. Dalam organisasi juga menambah banyak teman dan rekan-rekan yang
lebih banyak dan luas lagi. Banyak sekali manfaat dalam berorganisasi, adapun
beberapa manfaat dari organisasi adalah sebagai berikut :
1. Bekerja Sama dengan Baik
Organisasi
adalah kesatuan dari berbagai orang yang berbeda yang bekerjasama untuk
mencapai satu tujuan yang sama. Dari mulai mengeluarkan ide dan mengolahnya menjadi
sebuah proposal dan susunan kegiatan yang di lakukan secara bersama-sama. Butuh
kerjasama yang baik dalam menjalan sebuah acara, ketika salah satu ada yang
tumbang maka akan mempengaruhi jalannya sebuah acara tersebut.
2. Berdiskusi dan Berbeda Pendapat
Dalam
berorganisasi kita dipertemukan dengan setiap orang yang berbeda karakter dan
sikap. Kita di tuntut untuk mampu beradaptasi dengan mereka dan menghargai
setiap pendapat yang di lontarkan. Dalam berorganisasi juga kita di tuntut
untuk kritis dengan mengeluarkan pendapat-pendapat dan saran dalam diskusi,
baik dalam rapat maupun pada pihak-pihak yang lebih tua seperti dosen, dekan
dan rector.
3. Dapat Memanajemen Waktu Maupun Oranglain
Di
dalam organisasi biasanya di sibukkan dengan berbagai kegiatan baru yang
sebelumnya tak pernah di dapat. Seperti mencari narasumber yang sesuai, mencari
sponsor dan melobinya, rapat hingga malam dan belum lagi di sibukkan dengan
tugas kuliah sehari-hari. Di sadari atau tidak sebenarnya kita sudah dapat memanaj
waktu kita sendiri untuk mencapai tujuan tersebut. Seperti menyiapkan segala
sesuatu untuk mengadakan acara seminar dari mulai membuat proposal, mencari pembicara
dan sponsor sampai hari H tiba itu adalah pembagian waktu untuk mendapatkan
kesuksesan untuk acara tersebut dan tetap menjalani kewajiban kita sebagai
seorang mahasiswa.
4. Hidup Produktif
Jika
anda memilih untuk berorganisasi diluar menjalani perkuliahan biasa anda lebih
menghargai waktu yang anda punya. Kuliah tidak selamanya full non stop dengan
tugas dan kuis tapi ada jeda dimana kita free dalam beberapa hari, nah itu dapat
di manfaatkan dalam organisasi yang anda pilih. Daripada harus terus menerus di
isi dengan main yang tidak produktif lebih baik di isi dengan kegiatan yang
bermanfaar seperti organisasi ini. Sehingga tak banyak waktu yang terbuang
sia-sia, selain dapat ilmu berorganisasi juga dapat menambah wawasan kita.
5. Jaringan Luas
Orang
yang berorganisasi senantiasa terhubung dengan orang-orang baru, mempunyai
keluarga baru. Dengan banyak bertambahnya orang-orang baru makan bertambah juga
informasi yang bias kita dapatkan dari mereka, entah senior di organisasi
maupun dosen bahkan sampai ke dekan sekaligus.
Dalam berorganisasi
pun kita harus bijaksana dalam memilih organisasi yang akan di pilih. Pilihlah organisasi
yang dapat menambah ilmu dan merasa nyaman berada di dalamnya. Organisasi
terkadang hanya sebagai sarana ke populeran seseorang, seperti seseorang yang
terkenal sebagai anggota BEM tapi kinerja ia dalam organisasi nihi, lalu apa
yang ia dapatkan? Sama saja hanya menyia-nyiakan waktu yang dia punya. Berorganisasilah
dengan tujuan dan niat yang baik, maka akan bertambah pula lah ilmu kita. Dan bijaklah
dalam memanaj waktu antara berorganisasi dan kewajiban kita sebagai mahasiswa
jangan sampai dengan aktif di organisasi malah membuat prestasi akademik
menurun. Antara akademik dan non akademik haruslah seimbang.
Tidak ada
kerugian dalam berorganisasi selama menjalaninya dengan niat dan tujuan untuk
belajar dan menambah ilmu. Tidak sebatas ikut-ikutan aktif saja tapi ilmu yang
di dapatkan dalam organisasi itu dapat di realisasikan dalam dunia kerja. Orang-orang
yang aktif di organisasi pastinya sudah biasa untuk bekerja sama dan mencari
ide-ide lain untuk sebuah acara baru. Dalam dunia kerja akan di utamakan
orang-orang yang dapat seperti itu. Meskipun IPK sangat tinggi tetapi jika kita
tidak memilik softskill yang baik maka semuanya akan sia-sia saja. Manfaatkanlah
waktu yang anda punya untuk berorganisasi sejak dini. Dan dapatkan banyak
manfaat dan ilmu didalamnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar