Welcome at My Blog.....

Selamat datang di blog saya, semoga para pembaca mendapatkan manfaat dan inspirasi dari tulisan yang ada di blog ini,, selamat membaca!!!!!

Create your own at MyNiceProfile.com

Senin, 26 Maret 2012

ORGANISASI ITU PENTING


ORGANISASI ITU PENTING
Organisasi biasanya identik dengan kesibukan, menyita waktu, bikin IP turun atau hanya numpang keren saja. Namun sebenarnya banyak pelajaran yang bisa di ambil dari ikut serta dalam organisasi. Organisasi adalah tempat penuh ilmu yang tidak pernah kita dapat dari kelas manapun. Organisasi pada umumnya adalah tempat berbagai orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya organisasi yaitu seperti uang, material, mesin, metode, lingkungan, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang dipergunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Dari dalam organisasi banyak sekali hal baru yang sebelumnya tak pernah di hadapi dan alami. Dalam organisasi juga menambah banyak teman dan rekan-rekan yang lebih banyak dan luas lagi. Banyak sekali manfaat dalam berorganisasi, adapun beberapa manfaat dari organisasi adalah sebagai berikut :
1. Bekerja Sama dengan Baik
Organisasi adalah kesatuan dari berbagai orang yang berbeda yang bekerjasama untuk mencapai satu tujuan yang sama. Dari mulai mengeluarkan ide dan mengolahnya menjadi sebuah proposal dan susunan kegiatan yang di lakukan secara bersama-sama. Butuh kerjasama yang baik dalam menjalan sebuah acara, ketika salah satu ada yang tumbang maka akan mempengaruhi jalannya sebuah acara tersebut.
2. Berdiskusi dan Berbeda Pendapat
Dalam berorganisasi kita dipertemukan dengan setiap orang yang berbeda karakter dan sikap. Kita di tuntut untuk mampu beradaptasi dengan mereka dan menghargai setiap pendapat yang di lontarkan. Dalam berorganisasi juga kita di tuntut untuk kritis dengan mengeluarkan pendapat-pendapat dan saran dalam diskusi, baik dalam rapat maupun pada pihak-pihak yang lebih tua seperti dosen, dekan dan rector.
3. Dapat Memanajemen Waktu Maupun Oranglain
Di dalam organisasi biasanya di sibukkan dengan berbagai kegiatan baru yang sebelumnya tak pernah di dapat. Seperti mencari narasumber yang sesuai, mencari sponsor dan melobinya, rapat hingga malam dan belum lagi di sibukkan dengan tugas kuliah sehari-hari. Di sadari atau tidak sebenarnya kita sudah dapat memanaj waktu kita sendiri untuk mencapai tujuan tersebut. Seperti menyiapkan segala sesuatu untuk mengadakan acara seminar dari mulai membuat proposal, mencari pembicara dan sponsor sampai hari H tiba itu adalah pembagian waktu untuk mendapatkan kesuksesan untuk acara tersebut dan tetap menjalani kewajiban kita sebagai seorang mahasiswa.
4. Hidup Produktif
Jika anda memilih untuk berorganisasi diluar menjalani perkuliahan biasa anda lebih menghargai waktu yang anda punya. Kuliah tidak selamanya full non stop dengan tugas dan kuis tapi ada jeda dimana kita free dalam beberapa hari, nah itu dapat di manfaatkan dalam organisasi yang anda pilih. Daripada harus terus menerus di isi dengan main yang tidak produktif lebih baik di isi dengan kegiatan yang bermanfaar seperti organisasi ini. Sehingga tak banyak waktu yang terbuang sia-sia, selain dapat ilmu berorganisasi juga dapat menambah wawasan kita.
5. Jaringan Luas
Orang yang berorganisasi senantiasa terhubung dengan orang-orang baru, mempunyai keluarga baru. Dengan banyak bertambahnya orang-orang baru makan bertambah juga informasi yang bias kita dapatkan dari mereka, entah senior di organisasi maupun dosen bahkan sampai ke dekan sekaligus.

Dalam berorganisasi pun kita harus bijaksana dalam memilih organisasi yang akan di pilih. Pilihlah organisasi yang dapat menambah ilmu dan merasa nyaman berada di dalamnya. Organisasi terkadang hanya sebagai sarana ke populeran seseorang, seperti seseorang yang terkenal sebagai anggota BEM tapi kinerja ia dalam organisasi nihi, lalu apa yang ia dapatkan? Sama saja hanya menyia-nyiakan waktu yang dia punya. Berorganisasilah dengan tujuan dan niat yang baik, maka akan bertambah pula lah ilmu kita. Dan bijaklah dalam memanaj waktu antara berorganisasi dan kewajiban kita sebagai mahasiswa jangan sampai dengan aktif di organisasi malah membuat prestasi akademik menurun. Antara akademik dan non akademik haruslah seimbang.
Tidak ada kerugian dalam berorganisasi selama menjalaninya dengan niat dan tujuan untuk belajar dan menambah ilmu. Tidak sebatas ikut-ikutan aktif saja tapi ilmu yang di dapatkan dalam organisasi itu dapat di realisasikan dalam dunia kerja. Orang-orang yang aktif di organisasi pastinya sudah biasa untuk bekerja sama dan mencari ide-ide lain untuk sebuah acara baru. Dalam dunia kerja akan di utamakan orang-orang yang dapat seperti itu. Meskipun IPK sangat tinggi tetapi jika kita tidak memilik softskill yang baik maka semuanya akan sia-sia saja. Manfaatkanlah waktu yang anda punya untuk berorganisasi sejak dini. Dan dapatkan banyak manfaat dan ilmu didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar