Welcome at My Blog.....

Selamat datang di blog saya, semoga para pembaca mendapatkan manfaat dan inspirasi dari tulisan yang ada di blog ini,, selamat membaca!!!!!

Create your own at MyNiceProfile.com

Kamis, 04 November 2010

Tugas Pengantar Bisnis

Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Merek HONDA
Sejalan dengan semakin maraknya perkembangan dunia bisnis terutama di bidang otomotif, membuat usaha di bidang ini banyak menarik investor. Semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi menimbulkan kebutuhan hidup yang semakin kompleks, termasuk di dalamnya kebutuhan akan sarana transportasi. Krisis moneter yang melanda indonesia di awal tahun 1997 menyebabkan barang konsumsi (consumer goods) impor yang harganya lebih murah daripada produk sejenis buatan industri nasional mulai dilirik masyarakat sebagai sebagai alternatif baru yang patut dicoba, tidak terkecuali sepeda motor. Keperkasaan sepeda motor buatan ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki yang selama ini mendominasi pasar indonesia diuji kemampuannya.
Sementara, disisi lain adalah persaingannya dengan sepeda motor produksi Cina (mocin) yang diimpor dari negara Cina terus meningkat. Sepeda motor Cina memberikan alternatif pilihan kepada konsumen mulai dari harga yang relatif murah dibandingkan motor Jepang yang harganya semakin tinggi akibat depresiasi rupiah, hingga model produk dan keunggulan lain yang ditawarkan. Tajamnya persaingan ini mengakibatkan setiap produsen mencari cara yang lebih efektif untuk mempertahankan eksistensinya dan untuk tetap bisa bersaing dalam dunia bisnis. Dalam kondisi pasar yang mendekati pasar global, perusahaan yang ingin memenangkan persaingan adalah perusahaan yang berfokus pada konsumen.
Perkembangan sarana transportasi bisa dilihat dari menjamurnya penjualan sepeda motor dengan menjamurnya dealer-dealer sepeda motor. Hal ini sejalan dengan banyaknya pilihan kepada konsumen akan berbagai macam merek sepeda motor yang ditawarkan. Malang sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur merupakan wilayah perdagangan yang sangat menjanjikan untuk bisnis otomotif. Sarana transportasi darat seperti sepeda motor banyak menjadi pilihan pasar menengah ke bawah untuk memenuhi kebutuhan akan sarana transportasi dan sepeda motor produksi Cina menjadi salah satu pilihan alternatif selain sepeda motor produksi Jepang.
Promosi perlu mendapat perhatian serius, sebab dalam kehidupan sehari-hari timbul suatu kenyataan bahwa betapapun besar keunggulan suatu produk, tetapi jika konsumen tidak mengetahuinya, kemungkinan produk tersebut kurang direspon oleh pasar. Oleh karena itu perusahaan harus berusaha untuk memperkenalkan produk, meyakinkan, dan mempengaruhi konsumen agar dapat menciptakan permintaan atas produk tersebut, langkah yang dapat ditempuh perusahaan untuk melakukan itu semua ialah dengan promosi. Tidak terkecuali dengan HONDA, banyaknya iklan sepeda motor merek HONDA baik di media cetak seperti koran dan majalah, maupun media elektronik seperti televisi menunjukkan komitmen HONDA untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat melalui salah satu bauran pemasaran yaitu promosi.


sumber : http://skripsiakuntansi.com/skripsi-manajemen/pengaruh-bauran-promosi-terhadap-keputusan-konsumen-dalam-pembelian-sepeda-motor-merek-honda-studi-pada-mahasiswa-fakultas-ekonomi-universitas-brawijaya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar