Welcome at My Blog.....

Selamat datang di blog saya, semoga para pembaca mendapatkan manfaat dan inspirasi dari tulisan yang ada di blog ini,, selamat membaca!!!!!

Create your own at MyNiceProfile.com

Sabtu, 18 Januari 2014

Tugas Softskill "Etika Profesi Akuntansi" - Jika Aku Menjadi ....



“Jika Aku Menjadi Seorang Dosen”
Kalau berbicara soal cita-cita apa yang saya inginkan, dari kecil saya bercita-cita sebagai seorang guru matematika. Sampai SMA saya masih berpikiran untuk menjadi seorang guru namun keluarga kurang mensetujui saya kuliah mengambil pendidikan matematika. Akhirnya ayah saya meminta saya mengambil jurusan akuntansi. Setelah saya jalani ternyata akuntansi itu sulit dengan basic saya yang dari IPA yang sama sekali tidak mengenal akuntansi namun saya masih bisa mengejarnya Alhamdulillah, tepatnya karena saya yang sangat suka tung mengitung dan kuat di matematika. Sepertinya terlalu banyak bercerita ya hehe
Kalo ditanya kenapa saya ingin menjadi seorang dosen? Karena pekerjaan ini adalah pekerjaan mulia, seseorang yang mampu memberikan ilmunya demi mencerdaskan anak bangsanya. Sebagai dosen pun sepertinya mempunyai waktu yang cukup untuk keluarga nantinya. Ingin menjadi dosen apa? Inginnya menjadi seorang dosen statistika atau dosen akuntansi.
Jika saya menjadi seorang dosen saya akan memberikan keteladanan kepada anak didik saya mengenai nilai-nilai luhur dalam kehidupan. Selain akan mentransfer ilmu yang sudah saya dapatkan untuk anak didik saya, saya juga ingin menghantarkan generasi muda menuju kemandirian, kematangan berfikir dan keteguhan prinsip dalam ketaatan dalam sang Pencipta. Saya pun akan memberikan ilmu dengan tutur kata dan bahasa yang baik, memberikan ilmu sesuai dengan SAP yang ditentukan, dan memberikan nilai seobjektif mungkin.
Secara terperinci “jika aku menjadi seorang dosen” adalah :
     1. Pada hakikatnya seorang dosen adalah profesi yang akan ditiru atau diikuti oleh anak didiknya baik dari lisan maupun perbuatannya. Maka saya akan berusaha mengajar dengan tutur kata yang baik dan bahasa yang mudah dicerna oleh anak didik saya. Saya juga akab menjaga sikap saya sebaik mungkin dan memberikan ilmu sesuai dengan SAP dan memberikan ilmu selain yang ada di SAP jika mereka ada yang bertanya. Otomatis apabila seperti itu saya akan membaca buku lebih lagi, belajar lebih lagi dan memahaminya lagi. Agar anak didik saya tidak merasa bosan saya juga harus bisa mengajar dengan asik, entah di barengi dengan cerita ataupun bertanya keluh kesah mereka dengan pelajaran itu.

     2. Saya pun akan berusaha memahami metode belajar semenarik mungkin yang mampu membuat anak didik lebih cepat memahami pelajaran yang akan saya ajarkan. Saya pun akan mengadakan evaluasi pada minggu selanjutnya mengenai materi sebelumnya.

    3. Saya juga akan melakukan pengabdian kepada masyarakat, sebagai bentuk memanfaatkan ilmu yang dimiliki. Dengan melakukan penelitian, maka saya akan mendapatkan pengembangan ilmu yang saya miliki, sehingga semakin saya sebagai dosen semakin kaya ilmu dan pengalaman. Karena tidak semua ilmu bisa difahami secara teoritis saja, tetapi terkadang harus dibuktikan di lapangan.

     4. Saya tidak akan menjadikan kegiatan belajar mengajar sebagai bisnis yang berorientasi materi, tetapi merupakan pengabdian atas ilmu yang saya miliki. Meskipun secara otomatis dosen akan mendapatkan reward dari apa yang sudah ditunaikan sesuai job description-nya, tetapi itu bukan tujuan seorang dosen berprofesi melainkan dampak saja. Sebagaimana peribahasa, barang siapa menanam, maka akan mengetam.

         5. Saya akan memberikan kemudahan kepada anak didik, dan bukan malah mempersulit. Dalam semua sisi, saya sebagai dosen akan mengupayakan kemudahan bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat mengoptimalkan diri dalam menimba ilmu pengetahuan tanpa hambatan yang datangnya dari dosen. Termasuk implikasi dari etika ini yaitu dosen seharusnya memberikan informasi yang jelas kepada mahasiswa perihal ketersediaan waktu untuk bertemu. Selain itu dosen juga memberikan informasi yang jelas tentang silabus mata kuliah yang diajarkan, sehingga mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar.

          6. Saya akan berusaha pandai menghargai anak didiknya, sehingga tumbuh semangat belajar yang baik. Sikap merendahkan dan tidak menghargai hanya akan mematikan kreatifitas dan menumpulkan kecerdasan. Saya akan memberikan nilai plus bagi mahasiswa yang aktif dan mampu berbicara dihadapan teman-temannya. Saya pun akan transfaran dalam pemberian nilai, saya akan memberitahu nilai-nilai yang sudah didapatkan mahasiswa dari berbagai penilaian yang sudah ditentukan. Sehingga mahasiswa dapat menghitung sendiri apakah sesuaikah nilai yang mereka dapatkan serta dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih rajin lagi belajar untuk mendapatkan nilai yang lebih baik.

      7. Saya akan mengajar dengan cara mengajar yang ramah lingkungan. Saya tidak akan memberikan fotokopian kepada mereka tapi saya akan memasukkan materi pada blog saya dan meminta mereka untuk mendownload dan mempelajarinya terlebih dahulu sebelum saya masuk, sehingga mereka sudah sedikit nyambung dengan materi yang akan saya ajarkan. Di kelas saya akan mengajar dengan infokus yang tersedia, bila tidak tersedia saya akan mengajar dengan infokus yang saya miliki. Dan menjelaskan secara detail mengenai perhitungan di papan tulis.

        8. Saya akan memberikan tambahan jam jika memang mereka membutuhkannya. Saya akan siap mengajari ulang pelajaran bagi mahasiswa yang belum mengerti. Memberikan tugas yang tidak memberatkan mereka namun menambah ilmu pengetahuan mereka, yang tidak mengeluarkan biaya banyak. Saya juga tidak akan meminta mereka untuk memiliki buku namun saya akan meminta mereka membaca buku dan materi yang saya beri. Jika mahasiswa ada yang tidak melakukan itu dan ketika ditanya mereka tidak bisa jawab, saya akan berusaha menjelaskan materi tersebut secara perlahan kepadanya, ya mungkin bisa ke jam tambahan lagi.
Dosen adalah profesi yang sangat mulia, karena ikut berperan mendidik generasi muda, penerus bangsa ini. Seorang dosen harus visioner, dan berjiwa pejuang. Karena pada hakekatnya tugas yang diemban seorang dosen tidak sekedar menyampaikan ilmu yang dimilikinya tetapi sebuah tugas besar yaitu “Membangun Peradaban”.

Nama : Isti Putri Pujianti
Kelas : 4eb07
NPM : 23210673
Kelompok 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar